Anak Malas Tidur Siang? Coba 5 Tips Jitu Ini, Yuk!

Biarkan anak melupakan tugas sekolah untuk sementara agar ia bisa menikmati istirahat pada siang hari. Tidak hanya tidur malam saja, ada baiknya Anda memastikan si kecil punya jadwal tidur siang yang berkualitas. Ajarkan doa sebelum tidur agar anak bisa mendapatkan kualitas tidur yang bisa memaksimalkan perkembangan fisik dan mental mereka. 

Melatih anak agar selalu tidur siang 

Tidur siang merupakan proses istirahat untuk anak dari aktivitas di sekolah pagi. Biasanya tidur siang yang paling efektif bisa Anda terapkan pada pukul 13.30-14.00 setiap hari. Tidur siang yang bagus tidak boleh lebih dari dua jam sebab bisa membuat anak menjadi lebih malas dan kurang bertenaga. Tidur setengah jam saja cukup, tapi Anda juga bisa memberi kelonggaran anak tidur siang maksimal 90 menit saja. 

Jika anak agak kesulitan memiliki jadwal tidur siang, sebaiknya ketahui cara mengajari anak selalu tidur siang berikut :

  • Lihat tanda anak mulai mengantuk

Setelah pulang sekolah dan melakukan aktivitas makan atau beribadah, Anda bisa mengenali tanda anak perlu istirahat saat ia mulai menguap, rewel atau mengusap mata. Ajak anak pergi ke kamar dan matikan lampu atau hindari menyalakan alat elektronik yang bisa mengganggu fokus anak untuk tidur siang.

  • Melakukan aktivitas ringan

Jika anak masih enggan tidur siang, Anda bisa mengajaknya melakukan aktivitas ringan di kamar, misalnya membaca buku cerita.

  • Melakukan rutinitas tidur

Anak-anak yang masih berusia di bawah 5-6 tahun pun memiliki rutinitas yang bisa memudahkan mereka beristirahat malam hari. Anda bisa mencoba melakukan aktivitas sebelum tidur malam pada saat siang hari, kok. Jika Anda sering membacakan dongeng atau menepuk punggung lembut, maka coba lakukan hal sederhana tersebut. 

  • Konsisten

Orangtua harus memberikan rutinitas jadwal tidur siang anak yang konsisten, misalnya anak tidur jam 13.00 atau 14.00 setiap hari. Sesuaikan saja jadwal tidur siang si kecil dengan kesibukan harian baik sekolah, ekstrakurikuler atau les lainnya. Jangan lupa untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman dengan suhu udara yang tepat untuk memberikan sensasi nyaman.

  • Doa jelang tidur

Jangan lupa untuk mengajari anak doa sebelum tidur agar ia memiliki keyakinan lebih kuat untuk tidur siang, apalagi doa sebelum tidur sering ia lantunkan sebelum tidur malam. Dengan doa yang baik, maka tidur anak bisa lebih nyaman, berkualitas dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Tidur siang yang baik dan konsisten akan membuat anak-anak menjadi lebih bugar setelah bangun tidur. Bila ada aktivitas lain pada jam sore atau malam hari, anak memiliki energi yang penuh sehingga bisa menjalankan rutinitas lebih produktif. Ajarkan doa sebelum tidur baik istirahat malam atau siang hari untuk mendukung anak yang saleh dan salehah sesuai tuntunan dalam artikel Islami ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *